PENGEMBANGAN ALAT PERAGA IPA TERINTEGRASI GENIALLY BERBASIS STEM PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK
Keywords:
alat peraga IPA, genially, STEM, materi cahaya dan alat optikAbstract
Kurikulum Merdeka menekankan literasi dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, termasuk literasi sains. Berdasarkan hasil PISA (Programme for International Students Assessment) tahun 2022, literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Studi awal di SMP Negeri 3 Semarang mengungkapkan bahwa siswa menganggap IPA sulit karena dominasi materi berupa rumus dan hafalan. Penggunaan media pembelajaran di kelas sudah menggunakan PowerPoint sebagai inovasi, namun pemberian pengalaman nyata seperti penggunaan alat peraga belum diterapkan, sehingga siswa masih belajar dengan cara menghafal dan belum memahami konsep sepenuhnya. Hasil Sumatif Akhir Semester tahun pelajaran 2024/2025 menunjukkan bahwa hanya 40% siswa di kelas VIII F dan VIII H yang lulus KKTP pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan kepraktisan alat peraga IPA terintegrasi Genially berbasis STEM pada materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D. Subjek uji validasi adalah 5 ahli media dan 5 ahli materi. Subjek uji kepraktisan adalah 34 siswa yang berada di kelas VIII H. Hasil penelitian menunjukkan alat peraga IPA terintegrasi Genially, mendapatkan skor kelayakan 98% (sangat layak) dari ahli media dan ahli materi dan skor kepraktisan 84% atau berada dalam kriteria praktis saat digunakan oleh siswa VIII H.