DIAGNOSIS LINGUISTIC INTELLIGENCE SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE PERMAINAN TEMUKAN KATA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Keywords:
Diagnosis; Grounded Theory; Linguistic Intelligence; Metode Permainan; Pendidikan IPAAbstract
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki siswa. Dominasi kecerdasan siswa dapat diukur dengan diagnosis menggunakan metode permainan yang tepat sesuai dengan karakteristik jenis kecerdasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis linguistic intelligence siswa sekolah dasar melalui metode permainan ‘Temukan Kata’ dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian diawali dengan memberikan pembelajaran melalui metode permainan ‘Temukan Kata’ dengan berbantuan media pembelajaran. Metode permainan ini dirancang agar dapat memberikan stimulasi bagi siswa dalam mengeksplorasi dan melatih linguistic intelligence yang dimilikinya dalam pembelajaran IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa triangulasi data, yaitu lembar observasi linguistic intelligences, lembar wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas rendah (kelas II), dan siswa kelas tinggi (kelas IV) dengan jumlah sebanyak 47 siswa di salah satu sekolah dasar negeri kota Singkawang. Teknik analisis data dilakukan melalui eksplorasi data untuk menghasilkan grounded theory. Ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPA lebih tinggi dibandingkan percaya diri, dan lebih rendah dari komunikasi. Kemampuan komunikasi siswa lebih tinggi dibanding indikator lainnya melalui penerapan metode permainan ‘Temukan Kata’. Simpulan dalam penelitian ini adalah potensi linguistic intelligence siswa sekolah dasar dapat didiagnosis melalui metode permainan ‘Temukan Kata’ dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini diharapkan dapat dilakukan pada penelitian lanjutan.