STUDI LITERATUR RIVIEW: PENGARUH KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH KE ATAS
Keywords:
Kecerdasan buatan, Pendidikan fisika, Sekolah mengah ke atas, Pembelajaran adaptif, Literasi digital, Keamanan dataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis pengaruh penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan fisika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Melalui analisis berbagai literatur terbaru dalam lima tahun terakhir, penelitian ini mengidentifikasi peran AI dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, personalisasi pembelajaran, serta efisiensi pengajaran. Hasil studi menunjukkan bahwa penggunaan AI seperti pembelajaran adaptif, simulasi berbasis AI, dan tutor cerdas mampu meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Studi ini juga menyoroti tantangan implementasi AI, termasuk kesiapan infrastruktur, keterampilan guru, serta etika penggunaan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan integrasi AI yang lebih sistematis dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran fisika.