STRATEGI INOVATIF PENDIDIKAN IPA: PENERAPAN HOTS DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI ERA DIGITAL
Keywords:
Era digital, HOTS, pembelajaran kontekstual, pendidikan IPA, strategi inovatifAbstract
Era digital menuntut pembaruan dalam pendekatan pembelajaran IPA agar lebih relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi inovatif dalam pendidikan IPA, khususnya penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dan pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan adalah studi literatur review terhadap 15 artikel ilmiah terbitan tahun 2020–2025 yang relevan dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan HOTS dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa. Sementara itu, pembelajaran kontekstual membantu siswa mengaitkan konsep IPA dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. Integrasi teknologi digital, kurikulum merdeka, serta penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi strategi ini. Temuan ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta pengembangan perangkat ajar berbasis HOTS dan konteks digital.