DESAIN DAN TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MURID MATERI GERAK LURUS BERBASIS JOTFORM
Keywords:
JotForm; Multi Representasi; Penilaian; Telaah Kualitatif; Validasi InstrumenAbstract
Fenomena dalam fisika seringkali disajikan dalam berbagai bentuk, seperti persamaan, verbal, grafik, tabel, dan gambar, yang membutuhkan kemampuan multi representasi dalam memahami dan mendeskripsikan fenomena alam dengan benar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian kemampuan multi representasi berbantuan JotForm bagi murid Fase F pada materi Gerak Lurus dan mengkaji desainnya secara kualitatif. Penelitian menggunakan model pengembangan Brog & Gall, untuk menghasilkan prototipe yang siap diuji coba. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara, meliputi kajian pustaka, analisis kurikulum, dan identifikasi kebutuhan. Pada tahap perancangan, diawali dengan memilih materi soal yang hendak digunakan, menyiapkan instrumen penilaian multirepresentasi, membuat desain dengan JotForm dan menyusun panduan. Telaah kualitatif terhadap desain instrumen penelitian ini dilakukan oleh dua ahli dalam pembelajaran fisika dan evaluasi pembelajaran fisika serta 4 praktisi dari SMA 4 Surakarta dan SMA 3 Boyolali. Hasil telaah menunjukkan bahwa desain penilaian yang terdiri dari 15 soal, sudah layak digunakan untuk proses pengembangan selanjutnya.