Studi Literatur Efektivitas Penggunaan Komik Edukasi sebagai Media Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas
Keywords:
komik edukasi, fisika, media pembelajaran, Study Literature ReviewAbstract
Pembelajaran fisika di tingkat Sekolah Menengah Atas sering dianggap sulit dan kurang menarik karena materinya bersifat abstrak dan teoritis. Salah satu solusi inovatif yang dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan komik edukasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tren, efektivitas, serta potensi penggunaan komik dalam pembelajaran fisika di SMA melalui metode studi literatur. Sebanyak 20 artikel terpilih dari database Google Scholar, ScienceDirect, dan Publish or Perish, diterbitkan antara tahun 2021–2025, dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa komik mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan belajar, serta keterampilan berpikir kritis siswa. Komik digital, interaktif, dan berbasis kearifan lokal juga menunjukkan potensi besar untuk mendukung pembelajaran kontekstual dan inklusif. Diperlukan kolaborasi antarpendidik dan desainer media untuk mengembangkan komik fisika yang relevan, menarik, dan tepat guna bagi siswa abad ke-21.