Peran Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepedulian Lingkungan: Tinjauan Literatur

Authors

  • Gina Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung
  • Adam Malik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung

Keywords:

kunci:Berpikir Kritis; Kepedulian Lingkungan Penulis; Pembelajaran Fisika

Abstract

Pendidikan fisika tidak hanya membantu siswa memahami konsep, tetapi juga dapat membentuk kepribadian mereka, seperti pemikiran kritis dan kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pembelajaran fisika berkontribusi pada penciptaan dua elemen penting tersebut. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini akan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi pembelajaran yang relevan. Metode yang digunakan untuk melakukan tinjauan literatur sistematis tentang karya ilmiah yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir. Fokusnya adalah pembelajaran fisika yang kontekstual, berbasis lingkungan, dan berorientasi pada kemampuan abad ke-21. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan kesadaran lingkungan siswa ditingkatkan melalui pembelajaran fisika yang berkaitan dengan masalah lingkungan seperti polusi udara, efisiensi energi, dan pemanasan global. Oleh karena itu, pembelajaran fisika memiliki peran strategis dalam menciptakan pendidikan sains yang berkelanjutan dan membantu mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Downloads

Published

2025-08-08

Issue

Section

Articles