POTRET KETERAMPILAN KREATIVITAS SAINTIFIK DOMAIN FISIKA BAGI MAHASISWA CALON GURU
Keywords:
Keterampilan Abad-21; Kreativitas SaintifikAbstract
Kreativitas merupakan salah satu dari keterampilan abad-21 yang perlu dikembangkan oleh mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret kemampuan kreativitas saintifik dalam domain fisika pada mahasiswa calon guru. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif. Subyek penelitian terdiri dari 30 mahasiswa Pendidikan Fisika semester dua dan telah lulus pada mata kuliah Fisika Dasar 1. Instrumen yang digunakan berupa test tertulis dan pedoman wawancara semi terstruktur. Tes tertulis berisi soal uraian yang menggali kemampuan kreativitas saintifik mahasiswa. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk mengkonfirmasi proses pembelajaran di kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes kreativitas saintifik sudah dimiliki oleh mahasiswa semester dua. Hasil wawancara menguatkan bahwa proses pembelajaran yang kreatif sudah diberikan beberapa kali baik di kelas maupun di luar kelas. Sebagian besar mahasiswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran di kelas terutama yang berkaitan dengan kreativitas saintifik. Beberapa mahasiswa masih menganggap pembelajaran di kelas masih seperti pembelajaran konvensional. Implikasi penelitian ini adalah diperlukan strategi untuk melatihkan keterampilan kreativitas saintifik pada proses pembelajaran.