PERANAN ENERGI BERKELANJUTAN PADA PENDIDIKAN SAINS: STUDI KASUS EVALUASI KINERJA PLTS

Authors

  • Rizky Adi Nugraha Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Semarang
  • Bagus Satrio Utomo Universitas Muhammadiyah Cileungsi, Bogor
  • Pangestuningtyas Diah Larasati Politeknik Negeri Semarang, Semarang
  • Randi Dwi Wibisono Universitas Muhammadiyah Tegal, Tegal

Keywords:

Energi Terbarukan; Kurikulum Merdeka; Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pendidikan Sains; SWOT; Transisi Energi

Abstract

Transisi menuju energi bersih menjadi urgensi global yang mendorong integrasi teknologi energi terbarukan, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Paper ini mengkaji peran dan potensi penerapan PLTS dalam dunia pendidikan melalui pendekatan teknis. Pada bagian awal, dijelaskan prinsip kerja PLTS dan komponen-komponennya secara ringkas untuk memberi pemahaman dasar kepada pembaca. Selanjutnya, pembahasan difokuskan pada strategi integrasi PLTS dalam kurikulum pendidikan sains, mulai dari pengembangan media pembelajaran, pelatihan guru, hingga model pembelajaran berbasis praktik seperti penggunaan trainer kit dan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka. Studi literatur dan berbagai kasus pengabdian masyarakat yang relevan menunjukkan bahwa keterlibatan institusi pendidikan dalam implementasi PLTS tidak hanya mendukung pendidikan kontekstual, tetapi juga menjadi wahana untuk meningkatkan kesadaran energi bersih sejak dini. Melalui analisis SWOT, paper ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang penerapan PLTS di lingkungan pendidikan, mulai dari aspek regulasi, kesiapan infrastruktur, hingga kapasitas sumber daya manusia. Diharapkan kajian ini menjadi kontribusi dalam menyusun strategi penguatan peran pendidikan dalam mendukung agenda transisi energi nasional.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles