META-ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA
Keywords:
Meta-analisis; Pembelajaran IPA; Simulasi virtualAbstract
Pelaksanaan pendidikan abad 21 menekankan integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan era digital dan mampu bersaing di tingkat global, salah satunya simulasi virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ukuran efek keseluruhan dari penggunaan simulasi virtual terhadap prestasi peserta didik dalam pembelajaran IPA dibandingkan dengan laboratorium tradisional; 2) menganalisis perbedaan yang signifikan secara statistik antara aktivitas simulasi virtual dan laboratorium tradisional berdasarkan subdisiplin IPA dan jenjang pendidikan; serta 3) menganalisis relevansinya dalam pendidikan abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Meta-Analysis dengan Langkah-langkah penelitian meliputi 1) pengumpulan studi; 2) fitur pengkodean studi; 3) perhitungan efek ukuran dalam suatu konstruk tertentu; 4) penyelidikan efek suatu penelitian terhadap hasil. Terdapat 15 artikel jurnal yang digunakan untuk meta-analisis. Hasil meta- analisis mengungkapkan ukuran efek sedang (g = 0,587) terhadap penggunaan simulasi virtual. Simulasi virtual memiliki pengaruh dengan ukuran efek paling besar pada jenjang sekolah menengah. Media ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran di seluruh cabang ilmu IPA meliputi Biologi, Fisika, Kimia, serta IPA terpadu. Penggunaan simulasi virtual pembelajaran IPA memberi pengaruh lebih besar pada pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan peserta didik dibandingkan dengan laboratorium tradisional.