MOBILE LEARNING BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis; Mobile Learning; Smart Apps Creator.Abstract
Mobile learning adalah pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik belajar secara fleksibel melalui perangkat digital. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan adalah Smart Apps Creator (SAC), yang memungkinkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan mobile learning berbantuan Smart Apps Creator (SAC) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Penulisan artikel ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk menelaah literatur terbitan tahun 2016–2025 yang diperoleh dari database Scopus dan Google Scholar, dengan kriteria inklusi berupa fokus pada mobile learning, penggunaan SAC, pembelajaran fisika, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan SAC dalam mobile learning dapat meningkatkan keterlibatan belajar, memfasilitasi pembelajaran mandiri, serta mendorong peserta didik untuk menganalisis, mengevaluasi, dan membuat keputusan berdasarkan konsep fisika. Tantangan utama yang ditemukan dalam penerapan media ini adalah kurangnya literasi teknologi guru dan keterbatasan perangkat di sekolah. Sebagai solusi, pelatihan guru dan integrasi bertahap media digital ke dalam kurikulum menjadi rekomendasi yang penting. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam merancang strategi pembelajaran fisika yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan abad ke-21.