Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Etnosains Materi Usaha, Energi, dan Pesawat Sederhana SMP Kelas VIII

Authors

  • Veby Yohana Pascasarjana Universitas Riau, Pekanbaru
  • Fakhruddin Z Pascasarjana Universitas Riau, Pekanbaru
  • M. Nasir Pascasarjana Universitas Riau, Pekanbaru

Keywords:

E-Modul, Etnosains, Usaha Energi dan Pesawat Sederhana.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul IPA berbasis etnosains pada materi usaha, energi, dan pesawat sederhana untuk siswa kelas VIII SMP. E-Modul ini dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri dengan mengaitkan konsep sains dengan konteks kerifan lokal yang ada di Riau. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap Analysis dilakukan analisis kebutuhan siswa kurikulum, dan materi. Tahap Design meliputi perancangan format dan isi e-modul sesuai struktur etnosains. Tahap Development mencakup pembuatan produk awal dan validasi oleh dosen ahli serta uji coba satu-satu berjumlah 3 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang yang memiliki perbedaan karakteristik berdasarkan kemampuan, yaitu memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Tahap Implementation dilakukan melalui uji praktikalitas kepada guru IPA dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul valid dengan rata-rata skor validasi sebesar 0,88 (kategori sangat valid), respon guru sebesar 92,86 (kategori sangat praktis), dan respon peserta didik sebesar 90,74 (kategori sangat praktis). E-Modul ini dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles