ANALISIS MODEL RASCH: INSTRUMEN PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Dwikoranto Dwikoranto Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • R. T. Lintangesukmanjaya Universitas Negeri Surabaya, Surabaya
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung

Keywords:

kreativitas; model Rasch; pembelajaran fisika; penilaian; pemecahan masalah

Abstract

Perkembangan era industri 4.0 dan masyarakat society 5.0 telah menimbulkan persaingan global dalam pemecahan masalah dan kreativitas. Rendahnya capaian kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas di bidang pendidikan melemahkan daya saing di era global ini. Diperlukan inovasi dengan merancang prototipe pembelajaran dan evaluasi yang sesuai untuk mengetahui kualitas pemecahan masalah kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui analisis keterampilan awal siswa. Peneliti mendesain instrumen penilaian pemecahan masalah kreatif yang valid dan reliabel kemudian diterapkan di kelas yang diteliti. Perlu dikembangkan instrumen soal esai berbasis pemecahan masalah dengan 4 tahapan pemecahan masalah: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan melihat atau memeriksa kembali dengan mengacu pada 4 indikator berpikir kreatif: kelancaran, elaborasi, orisinalitas, dan fleksibilitas. Menggunakan analisis model Rash dengan subyek penelitian berjumlah 94 siswa di Jawa Timur. Hasil penelitian menemukan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa masih relatif rendah. Terdapat hubungan yang relevan dan signifikan antara keterampilan berpikir kreatif dengan keterampilan pemecahan masalah. Kedepannya, selain memberikan manfaat dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, inovasi instrumen penilaian pemecahan masalah kreatif ini juga dapat menjadi dasar pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam persaingan global.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles