STUDI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN KREATIF PESERTA DIDIK

Authors

  • Haqiqi Haqiqi Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Kharisma Titian Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Daru Wahyuningsih Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Risa Suryana Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Keywords:

Analisis kebutuhan; E Modul Ajar; STEAM; Komputasional; Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap pengembangan e-modul ajar berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional dan kreatif peserta didik. Penelitian menggunkaan metode campuran sekuensial ekplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 30 guru sesuai dengan kriteria dan wawancara kepada 10 guru fisika di SMA wilayah Kabupaten Ponorogo yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan 66,67% Guru fisika sangat setuju dan 33% setuju bahwa pengembangan e-modul ajar berbasis STEAM diperlukan. Hasil ini mengindikasikan adanya kebutuhan terhadap perangkat ajar yang mampu terintegrasi dengan unsur STEAM guna mendukung pengembangan kemampuan berpikir komputasional dan kreatif peserta didik.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles