PENGEMBANGAN INSTRUMEN KARAKTER ENTREPREUNERSHIP STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN di PENDIDIKAN BIOLOGI UPGRIS

Authors

  • Rivanna C Rachmawati 1Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang, Semarang 2Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Saiful Ridlo Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Woro Sumarni Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Wiwi Isnaeni Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Ani Rusilawati Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Endang Susilaningsih Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Instrumen, Entrepreunership, Model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan untuk mengukur karakter kewirausahaan mahasiswa Pendidikan Biologi di UPGRIS, khususnya dalam mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan. Karakter kewirausahaan tersebut dinilai melalui 11 aspek, yaitu inovatif, keberanian mengambil risiko, ketekunan, kemandirian, orientasi pada tugas dan hasil, kemampuan beradaptasi, kemampuan memimpin, kesadaran akan peluang, jaringan dan kolaborasi, kreativitas, serta optimisme. Instrumen penilaian dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2024 di Pendidikan Biologi UPGRIS. Validitas isi instrumen dievaluasi oleh validator ahli dalam bidang assessment kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen karakter Entrepreneurship memiliki nilai validitas yang sangat tinggi (rata-rata nilai validitas isi butir soal sebesar 0,55) dan reliabilitas yang kuat (Cronbach’s Alpha = 0,920), menunjukkan bahwa instrumen tersebut dapat diandalkan dalam mengukur karakter Entrepreneurship mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen ini layak digunakan dalam penilaian karakter Entrepreneurship dalam konteks mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan di Pendidikan Biologi UPGRIS untuk membantu memahami dan mengembangkan karakter kewirausahaan mahasiswa.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles