PEMANFAATAN BUKU NONTEKS LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN SAINS: ANALISIS WACANA DAN MULTIMODAL LITERASI EKOLOGIS

Authors

  • Hery Yanto The Institut Nalanda, Jakarta

Keywords:

analisis multimodal; buku nonteks; ekologi; lingkungan; pendidikan sains

Abstract

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah menerbitkan berbagai buku nonteks untuk mendukung pembelajaran. Pemanfaatan buku-buku tersebut masih belum optimal. Buku-buku ini, khususnya yang bertema lingkungan, memiliki potensi besar untuk memperkaya pendidikan sains sekaligus menumbuhkan kesadaran ekologis pada generasi muda. Minimnya sosialisasi tentang cara penggunaan dan manfaat buku nonteks ini menyebabkan kurangnya pemanfaatannya sebagai bahan pengayaan belajar bagi siswa. Padahal, konten buku-buku tersebut sangat relevan dengan konsep pembangunan berkelanjutan (SDG). Penelitian ini bertujuan menganalisis dua komik lingkungan terbitan Kemdikbudristek sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi buku nonteks dalam pendidikan sains untuk menumbuhkan kesadaran akan perlunya kelestarian lingkungan. Penelitian menggabungkan analisis wacana dan analisis multimodal. Analisis wacana digunakan untuk mengidentifikasi konteks sosial, tujuan dan fungsi komunikasi. Analisis multimodal menelusuri hubungan antara teks dan elemen visual dalam menyampaikan pesan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua komik tersebut membahas isu- isu lingkungan yang beragam, mulai dari pencemaran sungai, dampak limbah, polusi udara, hingga tantangan diversifikasi pangan. Temuan penelitian mengungkap bahwa konten cerita dan aspek visual dalam komik dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman sains dan kesadaran lingkungan. Melalui pendekatan naratif dan visual yang menarik, buku nonteks ini mampu mendorong pembaca untuk merefleksikan isu lingkungan sekaligus menginspirasi aksi nyata. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian buku nonteks berbasis lingkungan ke dalam kurikulum pendidikan sains, serta perlunya sosialisasi lebih intensif kepada pendidik tentang strategi pemanfaatannya.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles