PARTISIPASI DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERKAIT PROGRAM PAMSIMAS DI DUSUN SUMBERJO, GROBOGAN

Authors

  • Faith Miftah Maulana Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Jihan Rahmawati Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Radjninez Igell Syatuty Gafu Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Karista Gadis Setiyanda Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Moh. Jafar Umar Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia
  • Andhina Putri Heriyanti Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang, Indonesia

Keywords:

Air bersih; PAMSIMAS; Partisipasi; Persepsi

Abstract

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dilakukan untuk meningkatkan akses air bersih dengan pendekatan partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi dan persepsi masyarakat Dusun Sumberejo, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan terhadap adanya pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keberlanjutan program. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada masyarakat serta informan kunci yang terlibat langsung dalam program tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program ini awalnya disambut positif oleh masyarakat, akan tetapi seiring berjalannya waktu pelaksanaannya menghadapi berbagai kendala. Permasalahan yang terjadi seperti penurunan kualitas air, kerusakan pompa, kurangnya pelatihan teknis, dan tidak adanya panduan serta dukungan dari pemerintah. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menghambat efektivitas dan keberlanjutan dari program ini. Kondisi diperburuk kembali dengan tidak adanya spesifikasi alat yang digunakan, tidak ada serah terima alat dan komunikasi yang kurang antara warga dan pengelola. Lemahnya pengelolaan dan respon terhadap keluhan warga menimbulkan rasa kecewa dan juga partisipasi dari warga dalam program ini. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pada pentingnya dukungan teknis, transparansi pengelolaan, dan peningkatan kapasitas kelembagaan dalam menjamin keberlanjutan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) ini.

Downloads

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles