Analisis Penggunaan AI dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP di Kabupaten Brebes
Keywords:
Kecerdasan buatan; Kabupaten Brebes; Literasi Digital; Pembelajaran IPA; Siswa SMPAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat di era digital telah mendorong dunia pendidikan untuk beradaptasi, salah satunya melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran. AI dinilai mampu menghadirkan metode pembelajaran yang lebih interaktif, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini. Dalam konteks ini, literasi digital menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa agar dapat menggunakan teknologi secara kritis dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan AI dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guna meningkatkan literasi digital siswa SMP di Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang disebarkan kepada 30 siswa kelas VIII dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang baik dalam memahami informasi dari AI secara kritis, menyadari dampak sosial dari penggunaannya, mampu menggunakan AI dalam pembelajaran, serta menunjukkan perilaku etis saat memanfaatkannya. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran IPA berpotensi besar dalam mendukung peningkatan literasi digital siswa. Namun, masih dibutuhkan pendampingan yang lebih maksimal serta penyadaran etis agar penerapan AI benar- benar optimal dan merata di lingkungan pendidikan daerah.