Analisis Tingkat Pemahaman Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Laboratorium SMP Negeri 1 Kedungbanteng

Authors

  • Akhmad Faqih Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Keselamatan kerja, laboratorium, K3, siswa SMP, pemahaman prosedur, MSDS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa terhadap prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di laboratorium, dengan membandingkan antara siswa kelas 7 yang telah mendapatkan materi keselamatan dan siswa kelas 9 yang lebih mengandalkan pengalaman praktikum. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kedungbanteng dengan melibatkan 50 siswa dan menggunakan instrumen kuesioner berbasis Google Form yang terdiri dari 15 item pernyataan mengenai kesadaran dan pemahaman terhadap K3. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas 7 memiliki tingkat kepatuhan dan pemahaman prosedur keselamatan yang lebih baik dibandingkan siswa kelas 9. Sebaliknya, siswa kelas 9 menunjukkan kecenderungan menyepelekan prosedur keselamatan dan lebih banyak menjawab netral atau tidak setuju, terutama dalam aspek pemahaman simbol keselamatan dan MSDS. Fenomena ini dikaitkan dengan faktor psikologis dan kurangnya penguatan materi secara berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna dan berulang agar kesadaran serta pemahaman siswa terhadap K3 semakin meningkat.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles