ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN ETIKA DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 13 SEMARANG

Authors

  • Ummu Khoir Aisyah Muzakiah Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

keterampilan komunikasi, etika digital, literasi digital, peserta didik, teknologi pendidikan.

Abstract

Penelitian ini menganalisis keterampilan komunikasi dan etika peserta didik dalam penggunaan teknologi digital, dengan fokus pada pemahaman literasi digital, kesadaran etika, dan keamanan informasi. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif terhadap 30 peserta didik SMPN 13 Semarang, dengan instrumen kuesioner untuk mengukur aspek penggunaan teknologi, interaksi digital, dan pemahaman konten negatif. Digunakan pendekatan kuantitatif, survei dirancang untuk melibatkan tiga puluh siswa dari sekolah menengah pertama. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial setelah dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,7 persen peserta didik menggunakan platform digital seperti Zoom dan Google Classroom, tetapi hanya 60 persen dari mereka dapat menemukan hoax, dan 40 persen tahu tentang konsekuensi dari UU ITE (Information and Transactions Electronic). Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun keterampilan teknis tinggi, pemahaman etika dan keamanan digital masih rendah. Kesimpulannya, diperlukan integrasi literasi digital yang lebih komprehensif dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kesadaran etika dan keamanan berinternet, perlunya intervensi melalui program pendidikan literasi digital yang menekankan peningkatan keterampilan komunikasi dan pembentukan karakter etis dalam penggunaan teknologi, guna mendukung terciptanya ekosistem pembelajaran digital yang sehat dan bertanggung jawab.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles