PEMBIASAAN PAGI BERBASIS GAMIFIKASI SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SMP

Authors

  • Kharisma Wahyu Triswanti Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Gamifikasi; Kesadaran Lingkungan; Pembiasaan Pagi; Siswa SMP

Abstract

Permasalahan lingkungan yang menjadi tantangan masa depan seperti pencemaran, perubahan iklim, dan kerusakan ekosistem menuntut adanya kesadaran lingkungan dari masyarakat. Terdapat beberapa cara untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) salah satunya melalui pendidikan karakter atau pembiasaan pagi, namun kegiatan ini masih memerlukan inovasi agar siswa lebih aktif terlibat secara sukarela. Artikel ini mengusulkan inovasi berupa pembiasaan pagi berbasis gamifikasi yang menerapkan elemen-elemen permainan yang menyenangkan sebagai upaya pengembangan karakter peduli lingkungan pada siswa SMP. Gamifikasi yang dimaksud berupa tantangan yang akan diberikan kepada siswa setiap minggu pada hari tertentu. Tantangan yang diberikan merupakan hal yang relevan dengan isu-isu lingkungan saat ini, seperti tantangan memungut sampah sebanyak- banyaknya, tantangan 1 hari tanpa plastik, tantangan menyiram tanaman dan masih banyak lagi. Kesimpulan dari artikel ini menyatakan bahwa pembiasaan pagi berbasis gamifikasi mempunyai potensi yang cukup kuat untuk diterapkan sebagai inovasi pendidikan karakter peduli lingkungan yang efektif dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles