Penerapan Game Edukatif Berbasis Scratch untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Peserta Didik ADHD Tipe Inattentive: Tinjauan Konseptual
Keywords:
ADHD ; Game Edukatif;Motivasi Belajar;Pemahaman Konsep;ScratchAbstract
Game edukatif berbasis Scratch adalah permainan interaktif yang dirancang menggunakan platform pemrograman visual Scratch, dengan tujuan utama untuk mendukung proses pembelajaran peserta didik melalui pendekatan yang menyenangkan, visual, dan mudah dipahami. Artikel ini memuat gagasan ide yang diperkuat secara kajian pustaka, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik dengan kondisi ADHD berjenis inattentive. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa game edukatif berbasis Scratch memiliki potensi yang signifikan dalam mengoptimalkan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik dengan ADHD tipe inattentive. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis game seperti ini layak dikembangkan lebih lanjut untuk menciptakan pembelajaran yang lebih inklusif, adaptif, dan bermakna bagi semua peserta didik.