ADAPTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PRINSIP OG BERBASIS VISUAL UNTUK SISWA DISLEKSIA DI KELAS
Keywords:
Disleksia, Gaya dan Gerak, Orton-Gillingham, Pembelajaran inklusif, Pembelajaran IPA, VisualisasiAbstract
Artikel ini bertujuan mengusulkan adaptasi model pembelajaran berbasis Orton-Gillingham (OG) yang terintegrasi dengan pendekatan visual sebagai solusi konseptual dalam pembelajaran sains, khususnya pada materi gaya dan gerak, bagi siswa dengan disleksia. Pendekatan OG dikenal efektif dalam membantu siswa dengan kesulitan membaca melalui strategi multisensori yang terstruktur dan eksplisit. Dalam konteks pembelajaran sains yang menuntut pemahaman konseptual dan representasi simbolik, integrasi media visual seperti kartu konsep, peta konsep, dan simulasi digital berbasis PhET diharapkan mampu memperkuat pemahaman siswa disleksia terhadap konsep gaya dan gerak. Artikel ini mengembangkan kerangka konseptual pembelajaran yang mengedepankan diferensiasi visual guna mengatasi hambatan literasi sains pada siswa dengan kebutuhan khusus. Model ini diharapkan menjadi rujukan alternatif dalam merancang pembelajaran sains yang inklusif dan berbasis bukti.