MODEL INVESTIGASI ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LABORATORIUM SEKOLAH : STRATEGI MENINGKATKAN PENALARAN DAN KOLABORASI SISWA

Authors

  • Vanesia Nur Fauziah Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

kolaborasi, laboratorium sekolah, model investigasi ilmiah, penalaran ilmiah, pembelajaran IPA

Abstract

Pembelajaran IPA yang efektif menuntut keterlibatan aktif siswa dalam proses eksplorasi ilmiah yang autentik. Salah satu pendekatan yang potensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA adalah melalui model investigasi ilmiah berbasis laboratorium sekolah. Artikel konseptual ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model tersebut dapat menjadi strategi dalam mengembangkan kemampuan penalaran ilmiah dan kolaborasi siswa. Penalaran ilmiah penting untuk membantu siswa memahami konsep secara mendalam, sementara keterampilan kolaboratif diperlukan dalam menghadapi tantangan dunia nyata yang kompleks dan multidisipliner. Model investigasi ilmiah memungkinkan siswa merancang eksperimen, menganalisis data, dan menarik kesimpulan dalam suasana kerja kelompok. Dengan mengintegrasikan laboratorium sebagai lingkungan belajar yang kontekstual dan aktif, pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kajian ini menekankan perlunya penguatan budaya ilmiah di sekolah melalui laboratorium yang dikelola secara fungsional dan sistematis. Artikel ini menyimpulkan bahwa model investigasi ilmiah dapat menjadi solusi strategis dalam pembelajaran IPA untuk membangun penalaran kritis dan keterampilan kolaboratif siswa.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles