ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN MIKROSKOP PESERTA DIDIK SMP PADA PRAKTIKUM PENGAMATAN SEL DAN JARINGAN

Authors

  • Ariska Aina Santika Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Mikroskop ; Penelitian ; Peserta didik ; Praktikum

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengukur keterampilan peserta didik dalam menggunakan mikroskop, khususnya dalam konteks pengamatan preparat sel dan jaringan. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 30 kelas VIII SMP Negeri 38 Semarang yang telah mengikuti kegiatan praktikum terkait. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif yang pengambilan datanya melaui lembar angket. Data primer yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase skor untuk menggambarkan tingkat kemampuan masing-masing peserat didik dalam mengoperasikan mikroskop secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 51,82% peserta didik tergolong kurang terampil pada penggunaan mikroskop. Persentase paling tinggi sehingga memperoleh kategori ‘Sangat Terampil” yang terdapat dalam aspek pada cara meletakkan mikroskop ke tempat semula yaitu sebesar 100%. Sedangkan presentase terendah dalam kategori tidak terampil yaitu pada aspek dalam mengoperasikan mikroskop tanpa bimbingan guru sebesar 6,6%.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles