ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP N 1 WONOSEGORO PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Keywords:
Kemampuan Abad 21; Literasi Sains; Siswa SMP; Topik Peredaran DarahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan literasi sains sekolah menengah pertama mengenai sirkulasi darah sebagai bagian dari penguasaan keterampilan di abad ke-21. Kompetensi ilmiah adalah aspek penting dalam membantu siswa berpikir kritis, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan berdasarkan bukti ilmiah. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan teknik perekaman data, menggunakan kuesioner terbuka yang mencakup lima pertanyaan berbasis konteks. Fokus penelitian terdiri dari 32 siswa Kelas VIII dari SMP Negeri 1 Wonosegoro sebagai responden. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara deskriptif dengan mengubah penjelasan dalam bentuk ulasan numerik dan menyajikan ilmu pengetahuan siswa berdasarkan kategori kompetensi ilmiah. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan kemampuan ilmiah siswa mendominasi dominasi responden pada tingkat sedang, mulai dari kategori sedang hingga sangat rendah. Ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang sains tidak diterapkan secara konseptual dan efektif, menunjukkan bahwa lebih banyak strategi pembelajaran terkait konteks dan aplikatif diperlukan dan didasarkan pada pemecahan masalah. Studi ini merekomendasikan penguatan integrasi kemampuan abad ke-21 dalam pembelajaran sains, terutama melalui pendekatan yang meningkatkan daya pemikiran dan pemahaman siswa.