ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SEBAGAI KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA SISWA SMP REMAJA PARAKAN

Authors

  • Rizqa Najwa Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

keterampilan kolaborasi, pembelajaran abad 21, siswa SMP, project-based learning, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa sebagai karakteristik utama pembelajaran abad 21 di SMP Remaja Parakan. Di tengah tuntutan globalisasi dan perkembangan teknologi, keterampilan kolaboratif menjadi penting untuk membekali peserta didik dengan kemampuan bekerja sama, menyelesaikan masalah, serta berinteraksi secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan subjek 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori keterampilan kolaborasi tingkat terlatih (50%) dan sedang (36,67%), dengan hanya 13,33% siswa yang mencapai tingkat tinggi dan tidak ada yang berada di tingkat dasar. Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan pembelajaran di SMP Remaja Parakan telah mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi melalui pendekatan aktif seperti project-based learning. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti rendahnya partisipasi sebagian siswa dan kurangnya rasa percaya diri dalam kerja kelompok. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami keterampilan kolaborasi sebagai kompetensi dinamis yang perlu ditumbuhkan melalui strategi pembelajaran yang adaptif, diferensiatif, dan kontekstual di tingkat pendidikan menengah pertama.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles