ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SEBAGAI KOMPONEN 21ST CENTURY SKILLS PADA SISWA SMP 1 PEKALONGAN
Keywords:
Keterampilan Abad 21; Keterampilan Kolaborasi; Siswa SMPAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat keterampilan kolaboratif peserta didik di SMP Negeri 1 Pekalongan sebagai salah satu elemen penting dalam keterampilan abad ke-21. Kolaborasi meliputi kemampuan bekerja bersama dalam kelompok melalui komunikasi, tanggung jawab, kemampuan berkompromi, fleksibilitas, dan kerja sama yang baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode statistik deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa serta wawancara terhadap satu orang siswa yang mewakili berbagai tingkat keterampilan kolaborasi. Sebagian besar siswa, yaitu 84% tergolong dalam kategori tinggi, sementara 16% lainnya berada pada kategori sedang, dan tidak terdapat siswa yang masuk dalam kategori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa telah memiliki kemampuan kolaboratif yang baik. Wawancara juga memperlihatkan bahwa siswa mampu menjalankan peran dalam kelompok, saling mendengarkan, serta melaksanakan tanggung jawab secara aktif. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan gambaran awal mengenai capaian keterampilan kolaborasi yang dapat dijadikan landasan untuk pengembangan keterampilan lebih lanjut.