ANALISIS KETERAMPILAN LABORATORIUM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUNUNGWUNGKAL

Authors

  • Alfi Yuni Mustika Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Keterampilan Laboratorium; Praktikum IPA; Keterampilan Teknis; Berpikir Kritis; Pembelajaran Berbasis Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan laboratorium yang dimiliki oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gunungwungkal saat melaksanakan praktikum IPA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner berbasis skala Likert yang disebarkan kepada 30 siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan tingkat keterampilan laboratorium siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar keterampilan teknis siswa seperti mengumpulkan informasi, menggunakan alat dan bahan, mengukur objek, serta mengikuti prosedur kerja praktikum berada dalam kategori baik hingga sangat baik. Namun, ditemukan pula beberapa aspek keterampilan kognitif-analitis seperti mengenali objek, menggunakan angka atau simbol, dan menyimpulkan hasil praktikum yang masih tergolong cukup hingga kurang baik. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kegiatan praktikum telah mampu meningkatkan keterampilan teknis siswa, aspek berpikir kritis dan analitis masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri atau Pembelajaran berbasis proyek (Project- Based Learning) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam aktivitas laboratorium. Penelitian ini berperan dalam memperkaya strategi pembelajaran IPA agar menjadi lebih efekti dan berbasis pengalaman nyata di laboratorium.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles