Analisis Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMP 38 Semarang Terhadap Keterampilan Pelaksanaan Praktikum

Authors

  • Aszahra Nur Anisa Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Keterampilan Proses Sains; Laboratorium IPA; Pemahaman Siswa; Praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan laboratorium IPA di SMP Negeri 38 Semarang keterampilan peserta didik yang berfokus pada aspek pemahaman siswa, kesiapan fasilitas, dan pelaksanaan praktikum. Pendekatan yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif terhadap 30 siswa kelas VIII melalui angket tertutup yang memuat sepuluh indikator kegiatan praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memahami tujuan dan langkah kerja praktikum, mampu melaksanakan prosedur dengan baik, serta memperhatikan aspek keselamatan kerja. Ketersediaan fasilitas leboratorium dinilai cukup memadai meskipun masih terdapat ruang untuk peningkatan, khususnya dalam pengelolaan sarana. Selain itu, efektivitas penggunaan waktu praktikum sudah cukup baik, mencerminkan struktur kegiatan yang sistematis dan mendukung pengembangan keterampilan proses sains peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran berbasis praktikum dalam meningkatkan keterampilana abaad ke- 21 serta membangun karakter ilmiah peserta didik. Rekomendasi penelitian meliputi penguatan fasilitas, pendampingan intensif dalam pelaksanaan praktikum, dan optimalisasi peran laboratorium sebagai pusat pembelajaran aktif dan kontekstual di sekolah.

Downloads

Published

2025-08-13

Issue

Section

Articles