ANALISIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN EFEK RUMAH KACA SISWA MTS HIDAYATUL UMMAH BREBES
Keywords:
efek rumah kaca, miskonsepsi, pemahaman siswa, pemanasan global, pendidikan lingkungan, perubahan iklim.Abstract
Perubahan iklim merupakan tantangan global yang semakin mendesak, dengan peningkatan efek rumah kaca sebagai salah satu faktor utama yang dipicu oleh aktivitas manusia. Efek rumah kaca, yang sebenarnya merupakan proses alami untuk menjaga suhu Bumi pada tingkat yang layak huni, kini mengalami ketidakseimbangan akibat peningkatan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan metana. Studi ini bertujuan untuk menentukan pemahaman siswa tentang penyebab, dampak, dan upaya mitigasi terkait efek rumah kaca. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada siswa di MTs Hidayatul Ummah di Kabupaten Brebes dan dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami bahwa peningkatan gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global dan mencairnya es di kutub. Namun, terdapat kesalahpahaman terkait beberapa dampak, seperti hubungan antara efek rumah kaca dan gempa bumi serta kanker kulit. Selain itu, pemahaman tentang hubungan antara efek rumah kaca dan risiko keracunan makanan juga perlu diperkuat. Dalam hal mitigasi, sebagian besar siswa menyadari pentingnya menanam pohon, menggunakan kertas daur ulang, dan menerapkan kebijakan ramah lingkungan. Temuan ini memberikan landasan penting untuk mengembangkan pendidikan lingkungan yang lebih efektif guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman generasi muda tentang perubahan iklim dan dampaknya.