Analisis Sikap dan Perilaku terhadap Lingkungan pada Siswa Kelas VIII Mts Puteri Sunniyah Selo

Authors

  • Iik Hayati Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Koservasi energi; Sekolah adiwiyata; Sikap lingkungan; Perilaku pro-lingkungan

Abstract

Masalah lingkungan yang terjadi sekarang ini menuntut dunia pendidikan untuk berperan aktif dalam membentuk sikap dan perilaku pro-lingkungan pada generasi muda. Salah satunya dapat melalui program pembiasaan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan perilaku terhadap lingkungan siswa kelas VIII di MTs Puteri Sunniyah Selo, yang telah menerapkan program Adiwiyata. Dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan pendekatan kuantitatif deskritif dan wawancara kepada siswa, data diperoleh melalui angket skala Likert 30 responden secara acak dari 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan sikap siswa terhadap lingkungan tergolong baik, terutama pada dimensi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan disekolah dan pengakuan terhadap hak lingkungan. Akan tetapi, pada sikap dimensi intervensi lingkungan lebih dari 40% siswa yang tidak memiliki sikap positif, karena siswa berpandangan bencana merupakan ketetapan Tuhan dan tidak serta merta diakibatkan oleh aktivitas manusia. Pada aspek perilaku, penerapan perilaku dimensi konservasi energi lebih tinggi, apabila dibandingkan dengan perilaku proaktif ekologi lingkungan. Hal ini disebabkan fasilitas pendukung yang belum memadai dan pembiasaan dari sekolah yang perlu ditingkatkan. Temuan ini menunjukkan adanya kesenjangan antara sikap dan perilaku yang dapat dijembatani melalui penguatan program dan sarana pendukung yang lebih memadai.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles