ANALISIS TINGKAT SUSTAINABILITY CONSCIOUSNESS BIDANG ENVIRONMENT PESERTA DIDIK DI SMPN 3 SEMARANG PADA ASPEK PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU

Authors

  • Aditya Permana Putra Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

keberlanjutan lingkungan; pendidikan lingkungan; sustainability consciousness

Abstract

Krisis lingkungan global yang kian kompleks seperti perubahan iklim dan kerusakan ekosistem mendorong pentingnya penguatan kesadaran keberlanjutan sejak dini, khususnya di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat sustainability consciousness peserta didik SMP Negeri 3 Semarang yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku pada bidang environment. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Sebanyak 60 peserta didik kelas VIII dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel insidental. Instrumen berupa kuesioner daring yang disusun berdasarkan skala Likert dengan kombinasi pernyataan positif dan negatif mengenai isu keberlanjutan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui sistem penskoran, pengelompokan ke dalam tiga kategori (rendah, sedang, dan tinggi), serta perhitungan nilai rata-rata untuk setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengetahuan berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 23,18 dari rentang 6–30. Aspek sikap memiliki rata-rata 15,10 dari rentang 4–20 dan berada dalam kategori sedang. Sementara itu, aspek perilaku memperoleh rata-rata 25,45 dari rentang 7–35, juga dalam kategori sedang dan mendekati tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik terhadap isu keberlanjutan tergolong baik, namun belum sepenuhnya tercermin dalam sikap dan tindakan nyata. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun peserta didik telah memiliki pemahaman yang baik terhadap isu keberlanjutan, penerapan sikap dan perilaku nyata terhadap lingkungan masih perlu ditingkatkan melalui strategi pendidikan berbasis aksi langsung dan partisipasi aktif dalam kegiatan lingkungan di sekolah.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles