ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SEBAGAI KOMPONEN DARIKETERAMPILAN ABAD 21 PADA SISWA KELAS VII G MTs NU NURUL HUDA KUDUS
Keywords:
Keterampilan abad 21; Keterampilan kolaborasi;Pembelajaran abad 21Abstract
Perkembangan pendidikan di abad ke-21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan esensial seperti kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan berpikir kritis (4C). Di antara keterampilan tersebut, kolaborasi menjadi kunci penting dalam mendukung proses pembelajaran aktif dan relevan dengan kehidupan sosial serta dunia kerja masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi pada peserta didik kelas VII G MTs NU Nurul Huda Kudusserta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangannya. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui angket berbasis skala Likert terhadap 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik menunjukkan sikap kolaboratif pada kategori “Sering”, terutama dalam aspek komunikasi sopan, toleransi terhadap perbedaan, dan keterlibatan dalam diskusi. Namun, masih terdapat kelemahan dalam aspek refleksi dan penyimpulan hasil diskusi kelompok, yang memerlukan intervensi guru lebih lanjut. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang terstruktur dan lingkungan belajar yang mendukung untuk menumbuhkan keterampilan kolaborasi secara optimal sebagai bagian dari kompetensi abad 21.