PENDIDIKAN LINGKUNGAN BERBASIS PROYEK DALAM IPA SMP UNTUK MENINGKATKAN AKSI NYATA SISWA TERHADAP ISU LINGKUNGAN
Keywords:
pendidikan lingkungan; project-based learning; pembelajaran IPA; aksi nyata siswa; pendidikan SMPAbstract
Pendidikan lingkungan di tingkat SMP memiliki peran penting dalam membentuk kesadaran dan aksi nyata siswa terhadap isu lingkungan. Namun, pembelajaran IPA selama ini masih banyak bersifat teoritis dan kurang menstimulasi keterlibatan siswa secara aktif. Artikel ini bertujuan mengkaji potensi penerapan Project-Based Learning (PjBL) sebagai pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aksi nyata siswa terhadap isu lingkungan melalui pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif melalui telaah terhadap publikasi ilmiah dan kebijakan pendidikan relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa PjBL mampu menghubungkan konsep IPA dengan konteks lingkungan nyata, meningkatkan motivasi belajar, serta membentuk karakter peduli lingkungan. Tantangan penerapan seperti keterbatasan kompetensi guru dan sarana prasarana juga perlu mendapat perhatian serius. Studi ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru dan kolaborasi sekolah dengan komunitas sebagai strategi implementasi PjBL yang efektif dalam pendidikan lingkungan di SMP.