INTEGRASI PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RAMAH LINGKUNGAN SISWA SMP

Authors

  • Fibri Adistiana Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Media sosial; Pendidikan lingkungan; Project-base learning; Sikap ramah lingkungan

Abstract

Pendidikan lingkungan berperan penting dalam membentuk kesadaran dan sikap ramah lingkungan pada siswa. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kurang menarik dan minim keterlibatan aktif siswa dalam menyelesaikan permasalahan nyata. Artikel ini membahas strategi integrasi Project-Based Learning (PjBL) melalui media sosial sebagai metode inovatif dalam pendidikan lingkungan di tingkat SMP. Metode yang digunakan adalah literature review, yang menganalisis konsep PjBL, pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran, serta dampaknya terhadap sikap siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa platform seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan WhatsApp dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berbasis proyek. Media sosial memungkinkan siswa untuk mendokumentasikan dan membagikan proyek lingkungan mereka secara interaktif. Integrasi PjBL berbasis media sosial juga mendukung keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi (4C). Dengan strategi implementasi yang tepat, pendekatan ini berpotensi menjadi solusi efektif dalam menumbuhkan sikap ramah lingkungan siswa.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles