KOMIK SAINS BERBASIS BARCODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERKAIT ISU PEMANASAN GLOBAL
Keywords:
Barcode; Era digital; Kesadaran lingkungan; Komik sains; Media pembelajaran; Pemanasan globalAbstract
Pemanasan global merupakan salah satu isu lingkungan yang mendesak di abad ke-21, namun kesadaran siswa terhadap isu ini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains yang abstrak serta metode pembelajaran yang kurang menarik dan tidak kontekstual. Komik sains digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif karena mampu menyampaikan materi secara visual dan naratif, sehingga mempermudah siswa dalam memahami konsep yang kompleks. Seiring berkembangnya teknologi, komik sains dapat dikembangkan lebih lanjut melalui integrasi dengan barcode atau QR code, yang memungkinkan siswa mengakses konten digital tambahan seperti video, animasi, dan kuis interaktif. Komik sains berbasis barcode menjadi solusi kreatif untuk menyampaikan materi pemanasan global secara menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik era digital. Artikel ini disusun secara konseptual berdasarkan studi literatur untuk menjelaskan bagaimana media komik sains berbasis barcode dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran lingkungan siswa, khususnya dalam konteks pemanasan global.