MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMIFIKASI NEARPOD

Authors

  • Rahayu Kholifatul Azizah Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Computational Thinking, Gamifikasi, Nearpod

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat dan kebutuhan keterampilan abad ke-21, peserta didik perlu mengembangkan keterampilan berpikir mendalam dan bernalar tinggi, salah satunya yaitu Computational Thinking. Namun, penerapan dalam pembelajaran masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pendekatan yang kontekstual dan terbatasnya media interaktif. Untuk mengembangkan kemampuan Computational Thinking, diperlukan media yang dapat mendukung dalam pembelajaran yang efektif, seperti penerapan platform Nearpod sebagai media pembelajaran berbasis gamifikasi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah literatur review dari sumber pustaka yang relevan pada platform Google scholar. Kajian dilakukan terhadap jurnal ilmiah, artikel penelitian, serta publikasi akademik lainnya terkait Computational Thinking, gamifikasi, serta pemanfaatan Nearpod yang diintegrasikan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles