MODELFLIPPED CLASSROOM DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SLOW LEARNER SMP

Authors

  • Diah Anggita Sejati Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Gamifikasi; Kemandirian belajar; Slow learner; SMP; Flipped classroom.

Abstract

Artikel ini membahas pendekatan strategis dalam pembelajaran bagi siswa slow learner di tingkat SMP melalui integrasi model flipped classroom dan pendekatan gamifikasi. Siswa slow learner kerap menghadapi tantangan dalam memahami materi pelajaran dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pendekatan flipped classroom yang memungkinkan siswa mengakses materi belajar secara mandiri sebelum kegiatan tatap muka, dipadukan dengan gamifikasi yang mengedepankan elemen-elemen seperti poin, lencana, dan tantangan, menjadi alternatif yang menjanjikan. Artikel ini merupakan artikel konseptual dengan metode telaah literatur sebagai dasar eksplorasi teori dan praktik yang relevan. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis terhadap berbagai sumber literatur ilmiah terkait flipped classroom, gamifikasi, dan pembelajaran siswa slow learner. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kedua pendekatan tersebut tidak hanya memberikan fleksibilitas belajar dan meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga berkontribusi pada penguatan kemandirian belajar, peningkatan motivasi, serta perbaikan hasil akademik siswa slow learner. Oleh karena itu, flipped classroom berbasis gamifikasi dapat menjadi model pembelajaran yang adaptif, inklusif, dan bermakna dalam mendukung keberhasilan belajar siswa dengan kebutuhan khusus.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles