MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN ECOLITERACY PESERTA DIDIK DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

Authors

  • Dwi Tami Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

group investigation; outdoor study; ecoliteracy; pengelolaan sampah

Abstract

Model pembelajaran group investigation berbasis outdoor study diharapkan dapat meningkatkan ecoliteracy peserta didik, khususnya dalam konteks pengelolaan sampah. Model ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang partisipatif, kontekstual, dan bermakna, melalui keterlibatan langsung peserta didik dalam kegiatan luar ruang. Dengan pendekatan ini, peserta didik tidak hanya memahami konsep-konsep ilmiah yang berkaitan dengan lingkungan, tetapi juga mengembangkan sikap dan keterampilan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kajian teori yang melandasi penelitian ini menunjukkan bahwa group investigation berbasis outdoor study mampu meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Kegiatan pengelolaan sampah yang terintegrasi dalam proses pembelajaran berperan penting dalam membentuk kesadaran ekologis serta perilaku peduli lingkungan. Dengan demikian, model ini dapat menjadi alternatif strategis dalam pengembangan karakter dan kecerdasan ekologi peserta didik.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles