MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Winda Suri Fajarwati Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL); Project Based Learning (PjBL); Contextual Teaching and Learning (CTL); Metode Outdoor Learning.

Abstract

Karakter peduli lingkungan harus ditumbuhkan sejak dini. Kerusakan lingkungan hidup yang sebelumnya dinilai sebagai pesoalan lokal dalam sebuah negara, kini sudah merambah menjadi isu global. Munculnya permasalahan lingkungan hidup sebagian besar diakibatkan ulah manusia. Hal itu mengidikasikan, bahwa kepedulian manusia terhadap lingkungan tempat tinggalnya mulai memudar. Karenanya kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan sejak dini. Karakter peduli lingkungan perlu diajarkan sejak tingakat dasar dimulai dari sekolah dasar hingga jenjang lebih tinggi melalui Pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa melalui model pembelajaran materi IPA Berbasis Proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui studi dokumetasi dan literatur. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pembentukan karakter peduli lingkungan melalui pembelajar IPA dapat mendesain pembelajaran yang berfokus pada siswa. Pembelajaran IPA memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan secara langsung.Beberapa model pembelajaran yang digunakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa, seperti Problem Based Learning (OBL ), Project Based Learning (PjBL), Contextual Teaching ang Learning (CTL), dan metode Outdoor Learning. Berdasarkan kajianyang dilakukan seorang guru harus menggunakan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan seperti PBL, PjBL, CTL, dan Outdoor Learning. Guru dapat mendesain pembelajaran berbasis proyek dalam masalah agar siswa dapat memahami penyebabnya sehingga dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles