MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN BAHASA ISYARAT UNTUK PEMBELAJARAN IPA INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU

Authors

  • Mohammad Roy Thoriqul Haq Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Bahasa Isyarat; Inklusivitas; Multimedia Interaktif; Pembelajaran IPA; Peserta Didik Tunarungu

Abstract

Pembelajaran IPA bagi peserta didik tunarungu menghadapi tantangan besar karena keterbatasan akses terhadap komunikasi verbal. Untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini mengembangkan konsep multimedia interaktif berbasis bahasa isyarat sebagai solusi dalam pembelajaran IPA yang lebih inklusif. Dengan menggunakan pendekatan Theory Synthesis, yang mana berbagai teori terkait multimedia interaktif, bahasa isyarat, dan pembelajaran inklusif dianalisis serta digabungkan untuk merancang model pembelajaran yang lebih adaptif bagi peserta didik tunarungu. Konsep yang diusulkan mencakup navigasi interaktif, penyajian materi visual yang lebih dinamis, serta integrasi avatar digital berbahasa isyarat guna meningkatkan aksesibilitas dan pemahaman peserta didik. Selain itu, artikel ini juga mengidentifikasi potensi tantangan dalam penerapan konsep ini berdasarkan temuan penelitian sebelumnya, serta peluang pengembangannya di masa depan. Diharapkan, konsep ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran IPA yang lebih inklusif di SMPLB- B.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles