PEMBELAJARAN CONTEKTUAL-INQUARY BERBANTUAN GAMES TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KETERAMPILAN ABAD 21 (4CS) SISWA SMP
Keywords:
Contextual-Inquiry; Games; Keterampilan Abad 21; 4Cs; SMP.Abstract
Perkembangan zaman yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan globalisasi menuntut pendidikan untuk menyiapkan peserta didik dengan keterampilan abad 21 yang mencakup kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kreativitas(creativity), kolaborasi (collaboration), dan komunikasi (communication), yang dikenal sebagai 4Cs. Sayangnya, pembelajaran di tingkat SMP masih banyak yang bersifat konvensional dan kurang memberikan ruang bagi pengembangan keterampilan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual potensi model pembelajaran contextual-inquiry berbantuan games sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan kualitas keterampilan 4Cs pada siswa SMP. Model pembelajaran contextual-inquiry menekankan pada keterkaitan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata, serta mengajak siswa terlibat aktif dalam proses bertanya, menyelidiki, dan menemukan sendiri pengetahuannya. Ketika dikombinasikan dengan media games, pendekatan ini menjadi semakin menarik dan interaktif, karena siswa terdorong untuk berpikir strategis, bekerja sama, dan berkomunikasi secara efektif dalam suasana belajar yang menyenangkan. Artikel ini menunjukkan bahwa integrasi antara pendekatan contextual-inquiry dan games dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan 4Cs. Dengan pendekatan konseptual ini, artikel memberikan kontribusi terhadap wacana pengembangan model pembelajaran yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan siswa masa kini. Implikasi dari kajian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan model pembelajaran lebih lanjut serta pelaksanaan penelitian empiris ke depan.