PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN SEBAGAI STRATEGI INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN EKOLOGIS SISWA SMP
Keywords:
Kesadaran Ekologis; Pendidikan Lingkungan; Siswa SMP; Socio-Scientific Problem-Based Learning.Abstract
Pendidikan lingkungan berperan penting dalam membangun kesadaran ekologis siswa sejak dini. Namun, metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa terhadap isu-isu lingkungan. Pendekatan Socio-Scientific Problem-Based Learning (SS-PBL) muncul sebagai strategi inovatif yang mengintegrasikan permasalahan sosial dan ilmiah dalam proses pembelajaran. Artikel ini membahas konsep SS- PBL dalam konteks pendidikan lingkungan serta bagaimana penerapannya dapat meningkatkan kesadaran ekologis siswa SMP. Melalui pendekatan berbasis masalah nyata, SS-PBL tidak hanya mengembangkan keterampilan berpikir kritis, tetapi juga mendorong partisipasi aktif siswa dalam menjaga lingkungan. Dengan demikian, SS-PBL dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap isu-isu ekologis.