PENERAPAN PENDEKATAN STEM MELALUI SIMULASI EFEK RUMAH KACA BERBAHAN BOTOL PLASTIK BEKAS UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA
Keywords:
Pendekatan STEM; Efek Rumah Kaca; Botol Plastik Bekas; Kesadaran Lingkungan; Pembelajaran IPA.Abstract
Artikel ini membahas penerapan pendekatan STEM dalam pembelajaran IPA melalui simulasi efek rumah kaca dengan menggunakan botol plastik bekas sebagai media pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan siswa sekaligus mengembangkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Dengan menggunakan metode studi literatur, artikel ini mengkaji berbagai sumber ilmiah yang mendukung efektivitas pendekatan STEM dalam pendidikan lingkungan, serta pentingnya inovasi pembelajaran kontekstual. Hasil kajian menunjukkan bahwa simulasi efek rumah kaca berbahan limbah plastik memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyadarkan siswa terhadap isu-isu lingkungan global. Pendekatan ini juga sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam aspek pendidikan berkualitas dan aksi terhadap perubahan iklim.