PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PENDIDIKAN LINGKUNGAN DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KELAPA SAWIT DAN MINYAK JELANTAH UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Mazaya Raudina Diamar Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Minyak Jelantah; Limbah Kelapa Sawit; Literasi Lingkungan; Pendidikan Lingkungan; Project Based Learning (PjBL).

Abstract

Artikel konseptual ini membahas penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pendidikan lingkungan hidup bagi siswa SMP dengan fokus pada pemanfaatan limbah kelapa sawit dan minyak jelantah. Pendekatan PjBL dipilih karena mampu mengintegrasikan pembelajaran teoretis dengan pengalaman praktis yang kontekstual, sehingga membentuk pemahaman yang lebih komprehensif tentang isu-isu lingkungan. Melalui kajian literatur dan analisis konseptual, artikel ini menguraikan kerangka implementasi PjBL dalam memanfaatkan limbah kelapa sawit dan minyak jelantah, strategi pengintegrasian dengan kurikulum, serta manfaat dan tantangan penerapannya. Pendekatan ini berpotensi meningkatkan kesadaran dan pemahaman ekologis siswa guna menumbuhkan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Kerangka konseptual yang disajikan dalam artikel ini dapat menjadi rujukan bagi pendidik dalam mengembangkan program pendidikan lingkungan yang inovatif dan bermakna di tingkat SMP.

Downloads

Published

2025-08-14

Issue

Section

Articles