PELATIHAN HIDROPONIK SEBAGAI SARANA EDUKASI PERTANIAN MODERN BAGI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 11 SEMARANG

Authors

  • Indah Rismawati Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Iskandar Zulkarnaen Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Ismi Aryanti Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Khusnul Khatimah Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Kharisma Bayu Putranto Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Anwar Khairika Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Liya Safitri Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Maya Apriliani Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Ahmad Zaenudin Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Akbar Satriawan Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Anugrah Sukma Dia Wigati Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Hidroponik, Ketahanan Pangan, Kewirausahaan Siswa, KIR, Pendidikan Berbasis Proyek.

Abstract

Ketahanan pangan merupakan tantangan utama di era modern, khususnya dalam menghadapi keterbatasan lahan dan dampak perubahan iklim. Inovasi dan pendidikan di kalangan generasi muda menjadi kunci untuk menciptakan solusi yang berkelanjutan. Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan peserta didik yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di SMP Negeri 11 Semarang melalui pelatihan teknologi hidroponik sebagai alternatif pertanian modern yang efisien, hemat lahan, dan ramah lingkungan. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan berbasis praktik, pendampingan, serta integrasi keterampilan kewirausahaan dan pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan konseptual dan keterampilan teknis dalam budidaya tanaman hidroponik, tetapi juga mengalami peningkatan kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan berbasis teknologi. Selain itu, peserta berhasil mengembangkan proyek hidroponik mandiri yang berpotensi diaplikasikan di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pelatihan ini juga mendorong penguatan literasi sains dan karakter abad ke-21, seperti berpikir kritis, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan demikian, pelatihan hidroponik terbukti menjadi strategi edukatif yang efektif dalam menumbuhkan kemandirian, inovasi, dan kontribusi nyata peserta didik terhadap isu ketahanan pangan berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-08-15

Issue

Section

Articles