INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • Arief Hermawan
  • Dwi Ratnawati
  • Dodi Hariadi
  • Vivianti Vivianti

DOI:

https://doi.org/10.15294/snkpti.v1i1.3826

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah merambah ke segala bidang, salah satunya adalah pendidikan. Diyakini bahwa kualitas pendidikan akan meningkat seiring dengan implementasi teknoloi informasi. Salah satu bidang dalam pendidikan yang memegang peranan penting adalah proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan memberikan pendidikan yang berkualitas, terdapat banyak teknologi yang menjanjikan seperti Artificial Intelligence (AI), cloud computing dan Internet of Things. Di negara-negara berkembang penerapan AI dalam Pendidikan masih pada  tahap awal. Saat ini, berbagai organisasi pendidikan menyadari pentingnya memperkenalkan teknologi ke dalam proses pembelajarannya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengilustrasikan potensi implementasi   AI untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar.  Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dari berbagai jurnal terkait implementasi AI dalalam pendidikan. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan AI memiliki dampak positif dan negatif dalam proses pembelajaran.     Pimpinan/pengambil kebijakan di institusi pendidikan perlu menetapkan kebijakan untuk mendorong dampak positifnya dan menekan dampak negatifnya.

Downloads

Published

2024-08-17

Issue

Section

Articles