ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM PENDIDIKAN DAN PENELITIAN: TANTANGAN DAN SOLUSI MENGHADAPINYA

Authors

  • Muhammad Jafar Universitas Muhammadiyah Bone, Jl.Abu Dg.Pasolong No.62, Watampone Sulawesi Selatan
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar Universitas Muhammadiyah Bone, Jl.Abu Dg.Pasolong No.62, Watampone Sulawesi Selatan
  • Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar Politeknik Negeri Ujung Pandang, Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.15294/snkpti.v1i1.3900

Abstract

Artificial Intellegence (AI) memiliki dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan dan penelitian. Dalam dunia pendidikan, AI mengubah interaksi proses pembelajaran dengan memungkinkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi serta meningkatkan administrasi pendidikan dan pelatihan. Dampak AI pada pendidikan dan penelitian bersifat transformatif, menawarkan peluang baru untuk inovasi, efisiensi, dan hasil yang lebih baik. Seiring dengan terus berkembangnya AI, pengaruhnya terhadap pendidikan dan penelitian diperkirakan akan meluas, membentuk masa depan pembelajaran, penciptaan pengetahuan, dan pemecahan masalah. Dalam mewujudkannya dipastikan terdapat tantangan dalam  pengelolaannya  termasuk  pertimbangan  etika,  desain interaksi manusia denganAI, dan faktor organisasi, peluang untuk meningkatkan pengalaman belajar, hasil penelitian, dan kolaborasi. Dengan mengatasi tantangan-tantangan ini dan memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh teknologi AI, para pimpinan di lembaga akademik harus menunjukkan fleksibilitas, pengambilan keputusan strategis, dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi AI untuk secara efektif mengelola tantangan dan peluang yang  dihadirkan  oleh  integrasi  AI.  Melalui  keterampilan  dan  keahlian  kepemimpinan mereka, para pemimpin  dapat  mendorong  inisiatif  AI yang sukses, mendorong inovasi, dan meningkatkan proses akademik dan penelitian di era society 5.0.

 

Downloads

Published

2024-09-11

Issue

Section

Articles