https://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/issue/feedSimposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia2024-09-11T19:25:55+07:00Open Journal Systemshttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3900ARTIFICIAL INTELLEGENCE DALAM PENDIDIKAN DAN PENELITIAN: TANTANGAN DAN SOLUSI MENGHADAPINYA2024-09-11T19:25:55+07:00Muhammad Jafar[email protected]Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar[email protected]Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar[email protected]<p><em>Artificial Intellegence </em>(AI) memiliki dampak yang signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan dan penelitian. Dalam dunia pendidikan, AI mengubah interaksi proses pembelajaran dengan memungkinkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi serta meningkatkan administrasi pendidikan dan pelatihan. Dampak AI pada pendidikan dan penelitian bersifat transformatif, menawarkan peluang baru untuk inovasi, efisiensi, dan hasil yang lebih baik. Seiring dengan terus berkembangnya AI, pengaruhnya terhadap pendidikan dan penelitian diperkirakan akan meluas, membentuk masa depan pembelajaran, penciptaan pengetahuan, dan pemecahan masalah. Dalam mewujudkannya dipastikan terdapat tantangan dalam pengelolaannya termasuk pertimbangan etika, desain interaksi manusia denganAI, dan faktor organisasi, peluang untuk meningkatkan pengalaman belajar, hasil penelitian, dan kolaborasi. Dengan mengatasi tantangan-tantangan ini dan memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh teknologi AI, para pimpinan di lembaga akademik harus menunjukkan fleksibilitas, pengambilan keputusan strategis, dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi AI untuk secara efektif mengelola tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh integrasi AI. Melalui keterampilan dan keahlian kepemimpinan mereka, para pemimpin dapat mendorong inisiatif AI yang sukses, mendorong inovasi, dan meningkatkan proses akademik dan penelitian di era <em>society </em>5.0.</p> <p> </p>2024-09-11T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3819CURRICULUM INTEGRATED ENTREPRENEURIAL LEARNING OUTCOMES (CIELO)2024-08-17T13:30:26+07:00Zainuri Sabta Nugraha[email protected]Tri Esti Purbaningtias[email protected]Resnia Novitasari[email protected]Kasam Kasam[email protected]<p><strong>Abstrak</strong></p> <p> </p> <p><span style="font-weight: 400;">Projek Perubahan ini bertujuan untuk membangun elaborasi antar stakeholders (tingkat universitas, fakultas, jurusan, dan program studi) dalam upaya mewujudkan Capaian Pembelajaran Kewirausahaan yang komprehensif. Profil klien adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni Universitas Islam Indonesia (UII). Klien memiliki kewenangan dalam pengembangan prestasi mahasiswa, baik secara akademik maupun non akademik. Harapan klien adalah adanya koordinasi berkala antar stakeholders dan panduan implementasi kewirausahaan. Oleh sebab itu, berdasarkan diskusi dengan klien dalam dua pertemuan, maka didapatkan kesepakatan untuk kisi-kisi rancangan program yang akan dituangkan dalam bentuk buku panduan. Buku panduan tersebut diharapkan dapat mewadahi berbagai aktivitas penunjang atmosfer kewirausahaan, baik dalam ranah akademik (konversi SKS melalui mata kuliah tertentu, misalnya: KKN) dan non akademik (hibah kewirausahaan mahasiswa baik internal maupun eksternal).</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3820STRATEGI PEMIMPIN MENCIPTAKAN MAHASISWA CERDAS, DALAM MENGATASI TANTANGAN INOVASI INTELEJENSI ARTIFISIAL UNTUK KEMAJUAN AKADEMIK DAN RISET2024-08-17T13:40:53+07:00Daryono Daryono[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Studi ini menyelidiki peran penting pemimpin dalam mengatasi tantangan inovasi pengelolaan Intelejensi </span><span style="font-weight: 400;">Artifisial (IA) untuk kemajuan akademik dan riset di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Selama periode 12 bulan, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemimpin dan staf pengajar, focus group discussions (FGD) dengan mahasiswa, serta observasi langsung terhadap implementasi IA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemimpin, seperti merancang kebijakan yang mendukung, memberikan pelatihan kepada staf dan mahasiswa, memfasilitasi kolaborasi lintas-disiplin, dan menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, memiliki dampak positif dalam menciptakan mahasiswa yang cerdas, kompetitif, dan berkarakter. Tantangan seperti kurangnya pemahaman tentang IA, kekurangan sumber daya manusia yang terampil, resistensi terhadap perubahan, dan masalah etika dan privasi dapat diatasi melalui solusi yang diterapkan oleh pemimpin, seperti mengintegrasikan kurikulum yang berkaitan dengan IA, menyediakan pelatihan teknis, membangun kemitraan, dan mengembangkan kebijakan etika yang jelas. Dengan menerapkan strategi ini, diharapkan perguruan tinggi dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi mahasiswa untuk menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3821MENUJU KAMPUS CERDAS ERA INOVASI 5.0 UNTUK AKADEMIK DAN RISET2024-08-17T13:47:25+07:00Anita Kartika Sari[email protected]Sundjoto Sundjoto[email protected]Amelia Sari Devi[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Pesatnya kemajuan dalam teknologi sistem informasi telah memicu munculnya tren dari Revolusi Industri dan Society 5.0. Perguruan tinggi, sebagai lembaga pendidikan, dituntut untuk beradaptasi dengan tren tersebut. Salah satu cara untuk menghadapi era Society 5.0 adalah dengan memahami peran serta strategi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi. Studi literatur mengenai Konsep Society 5.0 serta analisis data menggunakan metode analisis TOWS merupakan langkah awal yang dapat diambil. Dari analisis tersebut, strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh perguruan tinggi mencakup peningkatan produktivitas dalam penelitian, pengabdian, dan riset berbasis inovasi yang mengarah pada konsep </span><em><span style="font-weight: 400;">Smart City/Smart Campus</span></em><span style="font-weight: 400;">. Selain itu, memperkuat kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional serta menyelenggarakan pelatihan kompetensi berskala nasional maupun internasional juga menjadi strategi penting dalam mendukung profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan zaman.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3822 OPTIMALISASI LAYANAN DAN HILIRISASI PRODUK RISET UNTUK MENDUKUNG PEMERINGKATAN UNIVERSITAS2024-08-17T14:03:17+07:00Auliya A. Suwantika[email protected]Aliya N. Hasanah[email protected]Ajeng Diantini[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Berdasarkan hasil evaluasi capaian kinerja pada tahun 2023, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki tantangan utama terkait upaya meningkatkan reputasi akademik dan memenuhi target pendapatan. Oleh karena itu, Fakultas Farmasi Unpad berinisiatif untuk menjawab permasalahan tersebut melalui upaya optimalisasi layanan dan hilirisasi produk riset untuk mendukung pemeringkatan Unpad dalam bidang </span><em><span style="font-weight: 400;">pharmacy and pharmacology </span></em><span style="font-weight: 400;">berdasarkan </span><em><span style="font-weight: 400;">QS World University Ranking (WUR)</span></em><span style="font-weight: 400;">. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis manfaat-biaya </span><em><span style="font-weight: 400;">(cost-benefit analysis)</span></em><span style="font-weight: 400;">. Berdasarkan </span><em><span style="font-weight: 400;">problem-solution-fit hypothesis</span></em><span style="font-weight: 400;">, terdapat dua permasalahan utama yang dapat diidentifikasi yaitu layanan laboratorium yang belum terintegrasi dan masih terbatasnya produk komersial yang dihasilkan. Solusi berupa program untuk menjawab masalah tersebut yaitu akreditasi laboratorium layanan, </span><em><span style="font-weight: 400;">website </span></em><span style="font-weight: 400;">layanan laboratorium terintegrasi dan hilirisasi produk riset. Dengan menggunakan pendekatan </span><em><span style="font-weight: 400;">activity-based costing</span></em><span style="font-weight: 400;">, total biaya yang diperlukan untuk implementasi ketiga program adalah sebesar Rp 484 juta. Nilai manfaat langsung dan tidak langsung yang dapat dikonversikan masing-masing sebesar Rp 700 juta dan Rp 500 juta. Dengan mempertimbangkan total manfaat sebesar Rp 1,2 Milyar, maka nilai rasio manfaat-biaya (RMB) yang diperoleh adalah sebesar 2,48. Dapat disimpulkan bahwa program tersebut </span><em><span style="font-weight: 400;">beneficial </span></em><span style="font-weight: 400;">dan direkomendasikan untuk diimplementasikan karena nilai RMB >1 yang menunjukkan bahwa manfaat yang akan diperoleh lebih besar dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3823Developing Excellent Educational Leadership in the Artificial Intelligence Era2024-08-17T14:10:21+07:00Zainuddin Zainuddin[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Developing excellent educational leadership in the artificial intelligence era is one of the very vital foundations of national development in the field of education. National education faces increasingly complex challenges and demands high competition. The research method used was a qualitative approach, namely a literature review. The main study sources chosen are related to the educational context in the Artificial Intelligence era, its characteristics, and the changes that occurred in that era. Educational leadership development is an effort that must be done because there are very rapid changes in the context of the educational environment. The development of excellent educational leadership can refer to personal characteristics and leadership criteria from various empirical studies in the context of the Artificial intelligence era. In line with the notion of leadership, excellent leadership is produced through a process that involves learning through experience, knowledge, and skills that are carried out intentionally. through formal education training, and mentorship. The development of excellent leadership can also be done by applying the national educational philosophy of </span><em><span style="font-weight: 400;">Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani</span></em><span style="font-weight: 400;">. Leadership development is done also through empowerment, setting an example, inspiring and motivating, as well as providing significant support. Becoming a good leader also starts with being a good follower.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3825EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 BONE KABUPATEN BONE2024-08-17T14:20:42+07:00Muh. Safar[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">This research aims to describe the ability to appreciate poetry of class. The type of research</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">used is an experiment using two classes as research subjects. There is a control class and an experimental class. Class X IPA 1 is the control class with a total of 30 students and the experimental class is X IPA 2 with a total of 30 students. Data collection techniques are tests and observations. Learning activities begin with initial activities in the form of a pretest and treatment activities and posttests are carried out to find out the final results. The data analysis used to find out in detail is descriptive statistics and inferential statistics. The results of research using the discovery learning model show that the experimental class's understanding is better than the control class in appreciating poetry. This means that the discovery learning model is effectively used in learning to appreciate poetry among students.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3826 INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR2024-08-17T15:18:52+07:00Arief Hermawan[email protected]Dwi Ratnawati[email protected]Dodi Hariadi[email protected]Vivianti Vivianti[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Perkembangan teknologi informasi telah merambah ke segala bidang, salah satunya adalah pendidikan. Diyakini bahwa kualitas pendidikan akan meningkat seiring dengan implementasi teknoloi informasi. Salah satu bidang dalam pendidikan yang memegang peranan penting adalah proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan memberikan pendidikan yang berkualitas, terdapat banyak teknologi yang menjanjikan seperti Artificial Intelligence (AI), cloud computing dan Internet of Things. Di negara-negara berkembang penerapan AI dalam Pendidikan masih pada tahap awal. Saat ini, berbagai organisasi pendidikan menyadari pentingnya memperkenalkan teknologi ke dalam proses pembelajarannya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengilustrasikan potensi implementasi AI untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dari berbagai jurnal terkait implementasi AI dalalam pendidikan. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan AI memiliki dampak positif dan negatif dalam proses pembelajaran. Pimpinan/pengambil kebijakan di institusi pendidikan perlu menetapkan kebijakan untuk mendorong dampak positifnya dan menekan dampak negatifnya.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3827PERAN KEPEMIMPINAN PT DALAM PENGELOLAAN SDM ERA DIGITAL DI BOJONEGORO2024-08-17T16:20:33+07:00Sri Minarti[email protected]Usman Roin[email protected]Farida Isroaini[email protected]<p> </p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><span style="font-weight: 400;">Higher education leadership is known for its ability to generate motivation and inspiration to achieve goals and increase innovation. The main characteristics of a leadership style include empathy, having a strong vision, building good relationships, and stimulating intellectual growth. Through the functions and roles of higher education leadership, leaders (rectors, directors, deans and lecturers) are able to form a work culture that is flexible and responsive to change, this is very important in dealing with crisis situations. The essence of leadership is manifested in a process that includes inspiration, development, and empowerment of followers. In other words, leadership is a process that involves inspiring and empowering individuals, groups, and organizations. Qualitative research analyzes the phenomenon of the role of higher education leadership in managing environmental resources in the digital era in Bojonegoro Regency, which is known to have abundant natural gas and oil resources. Higher education leadership collaborates so that the existence of abundant resources is in line with increasing human resources and continues to pay attention to reforestation through reforestation or maintaining the ecosystem and its cleanliness.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3828Systematic Literature Review: Tantangan dan Peluang ChatGPT terhadap Perguruan Tinggi2024-08-17T16:27:17+07:00Supangat Supangat[email protected]Eddy Wahyudi[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif terkait tantangan, peluang, dan peran pemimpin perguruan tinggi dalam menghadapi penggunaan ChatGPT di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan ChatGPT di lingkungan pendidikan seperti perguruan tinggi memiliki tantangan dan peluang tersendiri. Tantangan dan peluang yang muncul ini dapat diatasi dengan peran pemimpin yang baik. Kepemimpinan yang bersifat terbuka dan berani mengambil risiko terkait penggunaan ChatGPT merupakan tindakan yang baik untuk menghadapi penggunaan ChatGPT. Tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan peran dibawahnya.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3829 PENGEMBANGAN APLIKASI ASESMEN KLASIFIKASI SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL2024-08-17T16:33:40+07:00Lilik Ariyanto[email protected]Supandi Supandi[email protected]Widya Kusumaningsih[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan Asesmen untuk mengklasifikasi Sekolah berdasarkan </span><span style="font-weight: 400;">AKM matematika di SMP menggunakan aplikasi android di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah </span><span style="font-weight: 400;">penelitian pengembangan yang pada tahap ini akan dibahas sampai dengan uji keterbacaan dan uji validitas pada validator ahli. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket keterbacaan dan substansi dari asesmen klasifikasi berbasis kearifan lokal pada aplikasi android. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa Asesmen yang dikembangkan diterima dengan baik dan didukung dengan hasil validasi dari enam guru senior matematika SMP di Kota Semarang.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3830TRANSFORMASI TATAKELOLA PASCASARJANA TERINTEGRASI BERBASIS APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI2024-08-17T16:40:28+07:00Agus Triyanta[email protected]Nur Kholis[email protected]Erlina Marfianti[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Tata kelola </span><em><span style="font-weight: 400;">knowledge delivery </span></em><span style="font-weight: 400;">perguruan tinggi perlu dikelola secara profesional berbasis aplikasi teknologi informasi yang terintegrasi. Belum terintegrasinya tata kelola akademik dan riset, keuangan dan sumberdaya di program pascasarjana UII perlu segera ditransformasikan melalui proyek perubahan secara serius. Kegiatan proyek meliputi: 1) identifikasi persoalan terkait layanan akademik dan administrasi di pasca sarjana, dikomparasi dengan di S1, karena dinilai mapan dan komprehensif. 2). memetakan kelayakan kondisi prodi pascasarjana dalam integrasi layanan akademik dan administrasi. 3). merumuskan agenda atau formula untuk integrasi layanan akademik dan administrasi di prodi-prodi pascasarjana, dan kemudian melakukan simulasi untuk diketahui kelayakannya. 4). memberikan rekomendasi berbagai langkah untuk mewujudkan integrasi layanan akademik dan administrasi secara komprehensif. Hasil yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan layanan akademik dan administrasi bagi prodi-prodi di lingkup pasca sarjana melalui integrasi dengan layanan pada prodi sarjana. Hasil yang diperoleh adalah: 1) terjadinya pengelolaan administrasi keuangan yang lebih tertata dengan struktur yang lebih komprehensif dan terintegrasi dengan sistem akademik. 2) layanan bagi para mahasiswa juga lebih komprehensif mencakup berbagai aspek, antara lain, penelitian, presentasi pada seminar/ konferensi, dan berbagai kompetisi yang penting untuk diikuti. 3) layanan bagi para dosen diberikan sesuai dengan standar yang berkualitas terbaik berbasis aplikasi TI.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesiahttps://proceeding.unnes.ac.id/snkpti/article/view/3831ENCOURAGING SUCCESS: THE MULTIFACETED IMPACT OF EFFECTIVE LEADERSHIP ON ACADEMIC CULTURE AND PERFORMANCE2024-08-17T16:45:33+07:00Dorojatun Prihandono[email protected]Kris Brantas Abiprayu[email protected]Angga Pandu Wijaya[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">The purpose of this research is to elaborate on the crucial role of leadership in addressing unproductive behaviors within the academic environment. Leadership in higher education encompasses a range of competencies and characteristics that are essential for effective management and governance within academic institutions. Further literature research is needed to provide a deeper understanding of leadership and productivity in higher education. This study adopts a descriptive qualitative approach, with data sourced from previous research literature. The findings reveal that effective leadership in higher education is not solely about administrative roles but also about creating a collaborative and inclusive work environment that aligns with the core mission of higher education institutions. Key characteristics of effective leadership include the ability to lead by example, demonstrate a strong commitment to academic activities, and possess high credibility. In conclusion, effective leadership plays a crucial role in shaping the academic landscape and driving success in higher education institutions.</span></p>2024-08-17T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia